Senin, 06 April 2015

INDAHNYA VIHARA VIPASSANA GRAHA, LEMBANG


Siapa sangka di daerah Lembang, kita mempunyai vihara yg sangat indah. Berada di dalam Komplek Graha Puspa, Lembang. Bisa ditempuh dari Jalan Sersan Bajuri maupun dari  Jalan Kolonel Masturi. Dekat Kampung Logok sebelum Sapoe Lidi Resto.
 

Karena letaknya berada diatas ketinggian, membuat tempat ini sejuk dan tenang cocok sekali untuk meditasi.
Vihara ini sendiri digunakan tempat beribadah umat Buddha namun dibuka untuk umum apabila ingin berkunjung. Sekedar ingin menikmati suasana sekitar ataupun hanya sekedar untuk berfoto.
Dengan syarat tetap menjaga kesopanan, saling menghargai, tidak membuat gaduh selama berada disana.


Untuk pengunjung umum, ketika berada didepan pos satpam, kita hanya menitipkan kartu tanda pengenal saja. Setelah kunjungan selesai, bisa diambil kembali. Tidak dikenakan biaya sepeser pun. Namun apabila ingin mengisi kotak amal yg telah tersedia disana, alangkah baiknya.


Ketika berada disana, saya seolah-olah berada di Thailand karena kuil-kuil disini hampir menyerupai kuil-kuil yg berada di Thailand.

Suasana yg sejuk dan tenang, membuat saya dan sahabat-sahabat saya yg ikut dalam perjalanan kali ini, betah berlama-lama disini. Dari kuil satu ke kuil lain, kami tak henti takjub akan keindahan bangunan-bangunan disini.

Candi Maha Panca Bala adalah candi yg memiliki lima kekuatan yg sangat besar. Maha berarti besar, Panca berarti lima, Bala berarti kekuatan. Lima kekuatan ini adalah kekuatan yg berasal dari Saddha atau Keyakinan, Viriya atau Semangat, Sati atau Kesadaran, Samadhi atau Konsentrasi dan Pana atau Kebijaksanaan.





Gedung Dhammasala 10.000 Buddha. Didalam gedung ini terdapat 10.000 buah patung Buddha sumbangan dari para donatur. Disetiap patung Buddha terdapat nama dari para donaturnya. Tersusun rapi didinding bangunan.  Didalam ini juga terdapat 7 patung Buddha yg memberi simbol hari.


Disekitaran Vihara terdapat taman-taman yg indah. Didepan Gedung Serbaguna terdapat patung dua ekor gajah putih yg sedang mengangkat roda Dhamma (Dhammacaka).

Itulah ketiga tempat yg paling terkenal di Vihara Vipassana Graha, Lembang dan jangan lupa untuk mengabadikan itu semua.
Selamat berwisata religi..


@rullzmika
Instagram: rullzmika


#VIHARAVIPASSANAGRAHALEMBANG
#EXPLOREBANDUNG
#BANDUNG
#JENGKALJENGKALCERITA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar